Rabu, 09 Oktober 2024

Cara Membuat Baris dan Tabel di Excel yang Mudah Untuk Pemula

 


Cara Membuat Tabel di Excel

Cara buat tabel di excel yang pertama, yaitu:

 

Cara Pertama

  1. Buka file Excel yang kamu ingin buat tabelnya.
  2. Pilih sel-sel dalam data kamu yang ingin dibuat jadi tabel.
  3. Pilih ‘Beranda’, lalu klik ‘Format sebagai Tabel’.
  4. Pilih berbagai gaya untuk tabel kamu.
  5. Dalam kotak dialog bernama ‘Format sebagai Tabel’, atur rentang sel.
  6. Tandai kalau tabel kamu punya header.
  7. Pilih ‘OK’.

 

Cara Kedua

Selain cara tersebut, ada cara kedua untuk membuat tabel di Excel yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan:
 

  1. Klik ‘Insert’ dan pilih tab ‘Table’.
  2. Lalu, Option Box akan muncul. Klik pada pilihan ‘Create Table’.
  3. Kalau sel datanya sudah sesuai, atur tabel pada menu ‘My Table’.
  4. Untuk langkah terakhir, klik ‘OK’ dan tunggu beberapa saat sampai tabel muncul di dokumen Excel.

 

Cara Ketiga

Cara ketiga atau cara cepatnya yaitu kamu juga bisa memakai shortcut Ctrl + L atau Ctrl + T untuk membuat tabel secara langsung di Excel.



Untuk menambahkan kolom, kamu bisa lakukan cara di bawah ini:
 

  1. Klik sel tabel yang ada di sebelah kanan atau kiri kolom tempat kamu ingin memunculkan kolom baru.
     
  2. Pada tab bernama ‘Tata Letak’, klik pada salah satu pilihan dalam grup baris dan kolom:
     
    • ‘Sisipkan ke Kiri’ untuk menambah kolom di sebelah kiri sel yang kamu pilih.
    • ‘Sisipkan ke Kanan’ untuk menambah kolom pada sebelah kanan sel yang kamu pilih.
       

Kalau untuk menambahkan baris pada Microsoft Excel, cek di bawah ini, ya!

 

Langkah-Langkah Membuat Baris Excel?

Untuk membuat atau menambahkan baris di Excel, kamu bisa ikuti cara ini:
 

  1. Klik sel tabel pada baris di atas atau di bawah tempat kamu ingin menambahkan baris baru.
     
  2. Di tab ‘Tata Letak’, dalam ‘Baris & Kolom’, klik pada salah satu pilihan berikut ini:
     
    • ‘Sisipkan di Atas’ untuk menambah baris di atas sel yang kamu pilih.
    • ‘Sisipkan di Bawah’ untuk menambah baris di bawah sel yang kamu pilih.
       

Bukan hanya membuat tabel, kamu juga harus tahu cara untuk menghapus tabel di Ms Excel. Cek di pembahasan berikutnya!

 

Cara Menghapus Tabel

Sebaliknya, bila kamu ingin menghapus tabel, lakukan cara ini:
 

  1. Klik tabel.
  2. Pada tab ‘Tata Letak’ di dalam ‘Baris & Kolom’, klik ‘Hapus’.
  3. Lalu, klik ‘Hapus Tabel’ atau klik Delete pada keyboard kamu.
     

Kalau kamu hanya ingin menghapus baris atau kolom, simak caranya ini!

 

Cara Menghapus Baris atau Kolom

Untuk menghapus baris atau kolom, caranya cukup mirip dengan cara menghapus tabel yaitu:
 

  1. Pilih sel tabel dalam kolom atau baris yang kamu ingin hapus.
  2. Pada tab ‘Tata Letak’ yang ada dalam grup ‘Baris & Kolom’, klik pilihan ‘Hapus’.
  3. Kemudian, klik ‘Hapus Kolom’ atau ‘Hapus Baris’.
     

Itulah cara-cara untuk membuat tabel, menambahkan kolom, menambahkan baris, menghapus tabel, hingga menghapus kolom atau baris.


Cara Membuat Diagram di Excel Untuk Pemula

  Cara membuat diagram di   Excel  cukup mudah dan banyak sekali kegunaannya. Jika Anda memiliki data kemudian ditampilkan dalam bentuk tabe...